satyadesign

Trix berbisnis bagus.

satya wafer Satya SMAN 2 Banjar

Tuesday, April 10, 2012

Sejarah Bali Aga

Bali adalah sebuah pulau yang kaya akan sejarah, kesenian, budaya,ras, golongan yang menjadi ciri kkas tersendiri. Di bali sendiri banyak sekali sejarah desa desa yang belum diketahui pasti kebenaranya.Salah satunya BALI AGA yang terdiri dari 4 desa antara lain,(Desa Sidetapa, Desa Cempaga, Desa Tigawasa,Dan Desa Pedawa) yang biasanya disingkat dengan SCTP.Haha kaya nama saluran tv aja...!

Sejarah keempat desa tersebutpun belum diketahuii secara pasti Namun dari hasil wawancara saya dengan Pebesar desa tersebut,(Kelian Desa) beliau mengatakan kalau baliaga tersebut sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu, Ini bisa dibuktikan dengan nama salah satu desa tersebut yang mengandung unsur nama orang india(cempaga), nama indianya (Campa) yang diyakini adalah pendiri desa teersebut.Seelain itu AGA adalah nama untuk sebutan gunung oleh orang orang bali.. identikkan namanya...!

Lalu apa istimewanyan baliaga tersebut? pertanyaan bagus. Istimewanya yaitu dari informasi yang saya dapatkan, Baliaga tersebut, pasa zaman dulu tidak mengakui akan kekuasaan majapahit. sehingga dulu dikatakan ada peperangan besar antara majapahit dengan orang-orang baliaga dan hasilya pun baliaga menang walaupun Petinggi orang/ orang yang paling sakti disana(kebo iwo) mati.

Dari segi penduduknya pun dapat dilihat bahwa orang orang baliaga merupakan orang yang suka bekerja keras, Memiliki budaya sendiri yang hampir brda dengan desa-desa lainya, bahkan dari segi bahasapun beda beda. Sehingga orang baliaga tersebut sangat mudah untuk dikenali..

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Pages - Menu